5 Cara Mencegah Ngemil dan Makan Berlebihan di Malam Hari

5 Cara Mencegah Ngemil dan Makan Berlebihan di Malam Hari

5 Cara Mencegah Ngemil dan Makan Berlebihan di Malam Hari

Keinginan makan atau ngemil di malam hari kerap menjadi tantangan bagi mereka yang ingin diet untuk menurunkan berat badan. Makan di malam hari sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah asalkan makanan yang dikonsumsi sehat dan rendah kalori.

Namun yang menjadi masalah, sering kali makanan yang disantap mengandung gula, lemak dan kalori tinggi. Jika berlangsung terus menerus bukan tidak mungkin tubuh menjadi kegemukan dan bermacam penyakit pun mendekat.

Ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya keinginan makan di malam hari. Ini tipsnya yang diberikan para pakar diet, seperti dikutip Wolipop dari Women’s Health.

1. Sarapan Berprotein Tinggi
Foto: iStock

Sarapan dengan makanan berprotein tinggi dan sehat akan menjaga hasrat makan Anda tetap terkontrol. Protein memerlukan waktu lama untuk diproses tubuh sehingga perut juga terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu keinginan ngemil atau makan junk food jadi berkurang. Sementara itu berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition, sarapan sehat akan mengurangi keinginan makan makanan bergula. Pakar diet Cara Walsh, R.D., menyarankan untuk mengonsumsi 30 gram protein saat sarapan.

2. Makan Lebih Banyak di Siang Hari
Foto: Thinkstock

Jika ingin mengurangi kalori atau porsi makan, jangan lakukan di pagi atau siang hari. Justru Anda perlu mengasup lebih banyak makanan saat masih beraktivitas agar kalori dari makanan bisa digunakan tubuh sebagai energi. Cukup makan di siang hari akan mengurangi hasrat makan Anda di malam hari.

3. Santap Camilan yang Lama Dimakan
Foto: Thinkstock

Jika keinginan ngemil di malam hari sudah tak tertahankan, pilihlah camilan yang perlu waktu lama dan ‘usaha’ untuk dimakan. Cookies, keripik atau es krim tentu tidak termasuk.

“Kalau saya benar-benar lapar, saya akan makan kacang pistachio karena mereka terbungkus kulit dan perlu waktu lebih lama untuk dimakan, sehingga bisa mengurangi makan berlebihan,” kata Amy Gorin, R.D.

4. Camilan Sehat
Foto: Thinkstock

Anda bisa makan camilan sehat dengan rasa yang tetap enak jika rasa lapar datang di malam hari. Nutritionist Chelsea Fuchs, R.D. menyarankan untuk makan pisang beku yang dicelupkan ke dalam lelehan dark chocolate. Selain enak, pisang mengandung potassium dan magnesium yang membantu membuat otot-otot relaks. Sedangkan kandungan karbohidratnya membuat Anda lebih cepat tertidur.

5. Tidur Lebih Awal
Foto: ist

Salah satu cara efektif untuk mencegah ngemil tidak sehat di malam hari, adalah tidur lebih awal. Lakukan aktivitas seperti membaca buku, mewarnai, merajut atau hal lain yang membuat Anda nyaman. Dengan berada di tempat yang jauh dari dapur, Anda mengurangi kemungkinan ngemil atau makan di malam hari.