5 Cara Unik Pasangan Kekasih di Korea Selatan Mengekspresikan Cinta

5 Cara Unik Pasangan Kekasih di Korea Selatan Mengekspresikan Cinta

Setiap negara memiliki cara-cara tersendiri untuk mengekspresikan rasa cinta kepada pasangannya. Baik itu lewat ucapan, tindakan, ekspresi maupun bahasa tubuh. Pasangan di Korea Selatan pun punya cara unik untuk ‘mendeklarasikan’ hubungan asmara mereka di depan publik. Seperti apa?

1. Pakai Busana Kembaran

Memakai busana yang serasi sudah jadi pemandangan yang biasa di Korea Selatan. Bahkan sejumlah toko ada yang menjual couple shirt untuk pasangan pria dan wanita. Ada banyak cara yang dilakukan pasangan Korea agar bisa terlihat serasi tapi tidak seperti ‘anak kecil’. Biasanya mereka akan mengkoordinasikan warna pakaian, misalnya sama-sama memakai atasan biru, topi dengan model serupa atau kembaran di sepatu. Tidak ada alasan khusus kenapa pasangan di Korea Selatan suka berbusana serasi. Ini merupakan cara mereka untuk mengingatkan bahwa ketika berpacaran, sepasang pria dan wanita bukan lagi individu yang terpisah, tapi dua entitas yang akan menghabiskan kebersamaan dengan berpelukan, bergandengan tangan atau saling berkomunikasi dengan panggilan sayang.

2. Couple Ring

Cincin pasangan di Korea Selatan tidak selalu digunakan ketika mereka sudah bertunangan atau menikah, tapi juga ketika berpacaran. Tentu couple ring untuk pasangan kekasih dan yang sudah menikah akan berbeda. Couple ring ini biasanya dipakai untuk memberitahu setiap orang bahwa mereka sedang mesra-mesranya menikmati masa berpacaran. Dalam budaya Korea, couple ring dipakai untuk menandai 100 hari masa jadian, sebagai cara untuk menunjukkan komitmen serta rasa menghormati terhadap satu sama lain. Dengan adanya cincin ini, bisa dipastikan tidak akan ada pihak ketiga yang berani mendekati sang wanita maupun pria.

3. Merayakan Hari Valentine

Negara Barat juga merayakan Hari Valentine. Tapi di Korea Selatan, pasangan wanita lah yang diharuskan memberikan cokelat atau hadiah kepada kekasihnya. Di hari penuh kasih sayang ini, wanita akan mendeklarasikan cinta mereka dengan sekotak cokelat dan makan malam romantis. Sebagai balasannya, pria akan memberikan permen atau cokelat kepada kekasihnya saat White Day, yang jatuh setiap tanggal 14 Maret. Tradisi Valentine di Korea Selatan serupa dengan tradisi orang-orang Jepang.

Baca Juga: Unik! Pasangan Langsung Nari Ala Gangnam Style Usai Resmi Menikah

4. Perayaan Hari Jadian

Tanggal atau hari jadian merupakan momen yang sangat penting bagi pasangan Korea. Jadi jika ada salah satu dari mereka yang lupa tanggal jadian, bisa jadi masalah besar. Pasangan Korea biasanya akan merayakan hari jadinya setiap 100 hari, 200 hari, 300 hari dan 1.000 hari masa pacaran mereka.

5. Membawakan Tas

Di jalanan kota-kota besar seperti Seoul atau Busan, sudah hal biasa jika Anda melihat pria membawakan tas kekasihnya. Tidak hanya saat sang wanita berbelanja atau pergi ke toilet, tapi juga ketika mereka berjalan-jalan atau sekadar window shopping.