Berapa Banyak Serat yang Harus Dimakan Sehari untuk Turun Berat Badan?

Berapa Banyak Serat yang Harus Dimakan Sehari untuk Turun Berat Badan?

Konsumsi makanan berserat merupakan salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Makanan berserat umumnya rendah kalori namun kaya nutrisi, selain itu juga membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga sisa makanan tidak menumpuk di dalam perut. Sisa makanan yang menumpuk, membuat perut membuncit, mengurangi penyerapan nutrisi juga membuat berat badan tak kunjung turun.

Dalam diet penurunan berat badan, sebagian besar orang sebenarnya sudah paham pentingnya makan sayur, buah dan makanan berserat lainnya. Namun sayangnya asupan serat sering kali kurang dari jumlah yang dibutuhkan per harinya.

Diamini pakar diet Keri Gans, R.D., kebanyakan orang kurang konsumsi serat. Padahal kekurangan serat menjadi penyebab utama berat badan sulit turun.
Foto: Thinkstock

Lantas berapa banyak serat yang harus dikonsumsi setiap harinya agar diet penurunan berat badan lebih efektif? Menurut penulis “The Small Change Diet” ini, wanita rata-rata memerlukan 25 hingga 30 gram serat per hari.

Jumlah itu setara dengan tujuh apel, atau 12 cangkir brokoli, atau 7,5 cangkir oatmeal. Cukup makan serat yang berasal dari makanan utuh (bukan suplemen) membuat perut terasa kenyang lebih lama karena serat dicerna tubuh secara perlahan ketimbang karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti putih dan mie ayam.

Ketika Anda merasa kenyang dan puas setelah makan sehat dan kaya serat, hasrat untuk ngemil junkfood pun bisa lebih dikontrol. Dan yang lebih penting dari itu, pencernaan jadi lebih sehat sehingga perut tidak kembung dan terhindar dari sembelit.

Jadi, apakah itu berarti kita harus makan tujuh apel atau 12 cangkir brokoli sehari demi memenuhi asupan serat? Tidak harus seperti itu. Anda bisa membuat strategi agar bisa makan 25 – 30 gram serat tanpa merasa bosan.
Foto: iStock

Bagilah konsumsi serat dalam diet Anda. Saat sarapan, makan siang, makan malam dan ketika ngemil. Usahakan menyertakan serat dalam setiap makanan Anda.

“Semua makanan Anda harus mengandung sedikitnya (masing-masing) delapan gram serat,” kata Keri, seperti dikutip dari Women’s Health.

Selain itu pilihlah buah atau sayur potong sebagai camilan. Misalnya satu buah pir ukuran sedang dan setengah potong alpukat yang masing-masing mengandung enam gram serat. Satu cangkir oatmeal, sudah mampu mencukupi asupan serat sebanyak empat gram. Sementara buncis atau kacang panjang mengandung sembilan gram serat per 1/4 cangkir. Cukup mudah bukan?