Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Melihat buah hati tumbuh dengan sehat merupakan kebahagiaan setiap orang tua. Terlebih ketika si kecil menjadi semakin menggemaskan ketika gigi susu pertamanya mulai tumbuh. Tumbuh gigi pertama kali dimulai dari akar gigi, lalu ujung gigi mulai mendorong melalui gusi. Sedangkan gigi yang pertama kali tumbuh biasanya adalah bagian depan atas atau bisa juga bagian bawah. Namun ketika pertumbuhan gigi pada bayi berlangsung membuat bayi menjadi rewel tentulah Anda sebagai orang tua akan kebingungan dan khawatir.

Rasa tidak nyaman yang muncul saat gigi tumbuh menjadikan anak mudah rewel. Rasa tidak nyaman itu sendiri berkaitan dengan rasa gatal atau sensitifitas anak yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Walaupun kondisi ini normal adanya, tetapi wajar pula apabila Anda merasa khawatir karena tidak tega melihat anak terus – terusan rewel di masa – masa pertumbuhan giginya tersebut.

Supaya anak tidak rewel berkepanjangan saat pertumbuhan gigi pada bayi berlangsung, berikut adalah hal – hal yang bisa Anda terapkan pada si kecil.

Memberikan Usapan Lembut Pada Gusi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri pada gigi anak adalah dengan memberikan usapan pada bagian gusi yang ditumbuhi gigi. Usahakan untuk memberikan usapan secara lembut, jangan paksa bayi jika tidak mau. Masukan jari Anda ke dalam mulut bayi, kemudian usap – usap bagian gusinya secara perlahan. Tindakan sederhana ini biasanya akan membuat bayi merasa lebih nyaman.

Berikan Teether Dalam Kondisi Dingin

Anak menyukai kegiatan bermain. Oleh karena itu berikan teether ( mainan anak untuk digigit ) pada anak. Namun sebelum itu pastikan bahwa teether dalam kondisi bersih dan steril. Akan lebih baik jika Anda menyimpan teether tersebut di lemari es.

Apabila sudah dirasa cukup dingin Anda bisa memberikannya pada anak. Bayi akan merasa jauh lebih nyaman saat benda yang digigitnya terasa dingin. Secara tidak langsung teether menjadi kompres dan berfungsi meredakan ngilu pada gigi yang baru tumbuh.

Berikan Handuk Dingin

Saat gigi baru tumbuh akan menimbulkan rasa gatal pada rongga mulut, pada kondisi ini biasanya bayi akan menggigit benda apapun yang ada di sekitarnya. Selain memberikan teether seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa memberikan handuk dingin pada bayi. Berikan handuk yang memiliki bulu kuat dan pendek agar tidak termakan oleh bayi ketika digigit. Handuk bisa dijadikan solusi karena handuk bersifat fleksibel dan dapat mengikuti  alur rongga mulut. Oia, tapi pastikan Anda memberikan handuk yang sudah terjamin kebersihannya ya.

Konsultasikan Pada Dokter

Hal yang dikhawatirkan adalah saat bayi rewel terus – menerus, sehingga bisa disimpulkan bahwa rasa nyeri yang dirasakan bayi tidak kunjung reda. Jika kondisinya sudah demikian, Anda bisa mengambil langkah untuk pergi ke dokter. Konsultasikan kepada dokter mengenai kondisi terkini si kecil agar bisa diketahui apa penyebabnya dan solusi apa yang tepat untuk mengatasinya.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi pada bayi memang menjadi kabar bahagia, akan tetapi sebagai orang tua Anda tentu tidak tega melihat bayi yang menjadi sering rewel karena merasakan sakit pada gigi barunya. Oleh karena itu pastikan Anda menerapkan hal – hal di atas agar keluhan yang dirasakan bayi bisa segera diatasi.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.