Ini Daftar Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Anda Lebih Kurus Tiap Bulan

Ini Daftar Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bikin Anda Lebih Kurus Tiap Bulan

Pekerjaan rumah tangga sering dianggap merepotkan dan melelahkan. Karenanya, banyak orang menyewa jasa ART untuk membersihkan rumah serta pakaian. Padahal melakukan pekerjaan rumah tanpa bantuan bisa membuat Anda lebih sehat. Menurut penelitian terbaru, aktivitas itu sama efektifnya dengan olahraga di gym dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang tidak sempat berolahraga dan ingin menghemat pengeluaran. Menurut riset dari StarBrands, jika dilakukan 11,5 jam seminggu, aktivitas tersebut bisa membakar sekitar 2.345 kalori. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih langsing satu kilogram setiap bulannya.

Berdasarkan penelitian, pekerjaan rumah tangga yang paling banyak membakar kalori adalah mengepel lantai dan menata ulang perabotan. Mengepel bisa membakar 314 kalori, sama seperti berenang selama 45 menit dan setara sebuah brownies.

Meski hanya dilakukan selama 20 menit, mengepel bisa membakar 157 kalori atau seperti 30 menit melakukan aerobik air dan setara satu kantung keripik. Sementara menata ulang perabotan selama satu jam dapat membakar 400 kalori.

Pekerjaan rumah tangga lain yang efektif menurunkan berat badan adalah mencuci mobil. Jika dilakukan selama satu jam, membersihkan kendaraan mobil sendiri sama seperti 45 menit olahraga tinju. Begitu juga dengan menyikat lantai kamar mandi yang bisa membakar 259 kalori dan membersihkan jendela yang bisa membakar kalori sepotong donat.

Jika tiga pekerjaan rumah itu digabungkan, itu sama saja dengan berlari 15 menit, 20 menit bersepeda, dan 25 menit circuit training.

Agar tubuh bergerak secara maksimal, disarankan untuk memutar musik agar termotivasi, lebih banyak menggunakan tangan dari pada alat, dan stretching sebelum melakukan pekerjaan rumah tangga supaya otot tangan serta perut lebih kencang.